Bandung – Substansi SDM dan Diklit Rumah Sakit Paru dr. H.A. Rotinsulu (RSPR) menyelenggarakan Pelatihan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) untuk pegawai BUMD Kota Bandung yaitu Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtawening pada hari Selasa (15/3) di Ruang Pertemuan Asma Center RSPR. 

Menurut Direktur Pelayanan Medik, Keperawatan, dan Penunjang RSPR dr. Dijah Rochmad, kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan kerja sama antara Rumah Sakit Paru Dr. H. A. Rotinsulu dengan PDAM Tirtawening Kota Bandung. Insya Allah di tahun ini pegawai dan pejabat di lingkungan PDAM Tirtawening akan melaksanakan Medical Check Up (MCU) dan Vaksinasi di RSPR.  

Dalam rangkaian MCU dan Vaksinasi tersebut, sebagai bagian dari pelayanan prima dari pihak RSPR memberikan bonus edukasi K3 dan edukasi kesehatan bagi pegawai di lingkungan kerja. Edukasi yang disampaikan diantaranya tentang Keselamatan dan Kesehatan di tempat kerja, program nasional tentang HIV, program nasional tentang TBC, dan edukasi Pemenuhan Gizi Sehat dan Seimbang.

Kegiatan edukasi kesehatan dan pelatihan dilaksanakan secara hybrid yaitu sebanyak 40 peserta melaksanakan pertemuan secara tatap muka, sedangkan sebagian lainnya melaksanakan pertemuan secara daring melalui aplikasi zoom.

Kegiatan MCU sendiri rencananya akan dilaksanakan untuk 800 orang pegawai yang dilaksanakan secara bertahap mulai dari tanggal 15, 17, dan 18 Maret 2022. Untuk kegiatan vaksinasi sendiri telah dilaksanakan lebih awal pada 5 Maret 2022 sebanyak 417 orang dengan vaksin Astrazeneca.

dr. Dijah mengharapkan kegiatan ini bisa menjadi awal hubungan dan kerja sama yang baik antara RSPR dengan PDAM Tirtawening ke depannya dan bisa berkelanjutan. Kegiatan ini juga diharapkan bisa menjadi daya tarik juga bagi perusahaan-perusahaan lain di kota Bandung maupun di Jawa Barat yang ingin bekerja sama dengan RSPR untuk kegiatan MCU pegawainya.

Di masa pandemi yang belum juga berakhir hingga sekarang, kesehatan dan keselamatan pegawai merupakan bagian dari tuntutan organisiasi yang tidak bisa dianggap remeh. Pegawai yang sehat dan aware dengan kesehatannya bisa meningkatkan produktivitas kinerja.***

Leave a Reply