(HH & Tim Humas RSPR)

Bandung – Sejumlah mahasiswa melaksanakan orientasi calon peserta didik sebelum melaksanakan praktek lapangan di Rumah Sakit Paru dr. H.A. Rotinsulu Bandung (RSPR) pada Kamis, 2 Juni 2022 secara daring melalui aplikasi zoom.

Dalam sambutannya, Koordinator Substansi SDM dan Diklit RSPR, Winny Kuswenti, S.Si., Apt., M.A.B, mengatakan orientasi merupakan prosedur standar yang wajib diikuti oleh setiap mahasiswa yang akan melaksanakan praktek lapangan di rumah sakit. “Orientasi bisa menjadi sarana perkenalan bagi mahasiswa untuk bisa mengetahui tentang ruang lingkup organisasi dan pelayanan di rumah sakit sebelum praktek”, ujarnya. Winny menambahkan, orientasi juga penting agar mahasiswa bisa menyamakan persepsi dengan para pembimbing lahan praktek sehingga praktek lapangan bisa berjalan lancar.

Sementara itu, Ketua Bidang PKPA Universitas Islam Bandung (Unisba), Eka Darma Astroyudo sangat berharap mahasiswa bisa mengikuti tahapan kegiatan orientasi sampai selesai dengan lancar. Ia berharap para mahasiswa bisa memperoleh ilmu dan pengalaman selama menjalani praktek dan memberikan kontribusi positif bagi RSPR.

Jumlah mahasiswa yang mengikuti kegiatan orientasi dan akan menjalankan praktek lapangan di bulan Juni 2022 ini mencapai 34 orang yang berasal dari berbagai kampus diantaranya Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Maranatha Bandung, Mahasiswa Apoteker dari PKPA Unisba, Mahasiswa Fisioterafi dari UNISA Yogyakarta, Mahasiswa Radiografer dari Atro Persada Nusantara Bekasi, dan Siswa SMK Bhakti Kencana dan Babul Kamil.

Selama orientasi para mahasiswa akan menerima materi berkaitan dengan pelatihan-pelatihan dasar di rumah sakit meliputi : Patient Safety (narasumber: dr Afriyani Widya Susanti), Bantuan Hidup Dasar atau BHD (narasumber: Slamet Wibut Mulyono, S.Kep., Ns), Program Keselamatan Penggunaan Obat (narasumber: Giva Olviana Yudhista, Apt), Pencegahan dan Pengendalian Infeksi/PPI (narasumber: dr. Mirza Alamsyah), K3RS (narasumber: Yuyun Yuningsih, S.St), Kewenangan Klinik (Rina, S.Si., M.Kes), Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien/PMKP (narasumber: drg. Rayna Ayu Tiara Anggiana, MM).***

Leave a Reply