(Heri H/Tim Humas – RSPR)

Bandung – Substansi SDM dan Diklit Rumah Sakit Paru Dr. H. A. Rotinsulu (RSPR) menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) bersama Tim Asesor Akreditasi institusi/lembaga penyelenggara diklat dari Kementerian Kesehatan, Senin (23/5) di gedung pertemuan Asma Center. Bimtek ini merupakan upaya RSPR dalam rangka persiapan meraih akreditasi penyelenggaraan diklat rumah sakit di tahun 2023.

Kegiatan penyelenggaraan diklat bidang kesehatan merupakan kegiatan yang tidak bisa dipisahkan dari rumah sakit termasuk RSPR. Selain berperan dalam memenuhi kebutuhan peningkatan kompetensi tenaga kesehatan rumah sakit, penyelenggaraan diklat juga berperan dalam meningkatan pendapatan rumah sakit sebagai UPT badan layanan umum.

Subkoordinator Pengembangan SDM dan Diklit mengatakan, upaya RSPR untuk meraih akreditasi penyelenggara pelatihan ini sebetulnya sudah disiapkan di tahun 2020. Saat itu RSPR telah menyelenggarakan dua pelatihan terakreditasi yaitu Pelatihan Respirasi Dasar dan Pelatihan Ventilasi Mekanik sebagai persiapan untuk mengajukan akreditasi. Tapi dikarenakan pandemi rencana tersebut kemudian ditunda. Tahun 2022, kata Rina, ketika kasus covid terus menurun RSPR akan berupaya kembali mengajukan akreditasi diklat, salah satu persiapannya  melalui Bimtek dengan Kemenkes saat ini. “Tahun ini kita akan mengadakan pelatihan terakreditasi yaitu Asuhan Gizi Malnutrisi pada Pasien Paru di rumah sakit bekerja sama dengan ASDI Jawa Barat, ujarnya.

Dengan Bimtek ini, Rina berharap setiap Pokja bisa menerima masukan dan evaluasi untuk setiap komponen dokumen yang dipersyaratkan sehingga bisa lebih siap saat dilakukan survey nanti dan bisa meraih akreditasi diklat dengan predikat A. Pelaksanaan Bimtek sendiri akan dilaksanakan selama 3 hari yaitu tanggal 23 sd 25 Mei 2022. ***

Leave a Reply